Jumat, 21 Oktober 2016

Abstrak PTK

 








ABSTRAK


Ekowati, Nunik. 2013. Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Sifat-sifat Operasi Hitung Pada Siswa Kelas IVA SDN Sukun 2 Kota Malang Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing:          (I) Dra. Ninik Indawati, M.Pd., (II). Drs. I Ketut Suastika, M.Si.

Kata Kunci: Model Quantum Teaching, sifat-sifat operasi hitung, prestasi belajar.

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas IVA SDN Sukun 2 Kota Malang, dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat operasi hitung, guru menerapkan model pembelajaran yang menekankan pada hafalan bukan pemahaman konsep, akibatnya sebagian besar siswa kurang bersemangat saat mengikuti proses pembelajaran sehingga prestasi belajar rendah. Berdasarkan nilai tes pada tahap pratindakan diketahui bahwa siswa yang memenuhi ketuntasan belajar sebesar 30% (12 dari 40 siswa). Untuk itu, perlu adanya alternatif perbaikan dengan menerapkan model Quantum Teaching. Model Quantum Teaching merupakan suatu pola pembelajaran dengan kerangka pembelajaran TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan).
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah langkah-langkah penerapan model Quantum Teaching  pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat operasi hitung siswa kelas IVA SDN Sukun 2 Kota Malang Tahun Pelajaran 2012/2013? (2) Apakah penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi sifat-sifat operasi hitung pada siswa kelas IVA SDN Sukun 2 Kota Malang Tahun Pelajaran 2012/2013?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN Sukun 2 Kota Malang yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, kuesioner, catatan lapangan dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IVA SDN Sukun 2 Kota Malang. Hal ini dibuktikan dengan adanya perolehan nilai rata-rata tes akhir tindakan yakni pada tes pratindakan 52,6, pada siklus I menjadi 66,1, pada siklus II menjadi 73,8 dan pada siklus III menjadi 80. Dengan persentase ketuntasan klasikal pada pratindakan sebesar 30% (12 dari 40 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 57,5% (23 dari 40 siswa), pada siklus II  meningkat menjadi 70% (28 dari 40 siswa), dan pada siklus III  menjadi 90% (36 dari 40 siswa).
Saran yang dapat dikemukakan adalah: Diharapkan kepada guru untuk menerapkan model Quantum Teaching  pada mata pelajaran matematika disertai dengan kedisiplinan guru dan siswa, pemberian motivasi dan sugesti pendidikan yang positif. Bagi peneliti lain model Quantum Teaching dapat dikembangkan lebih lanjut pada materi yang lain dalam mata pelajaran matematika.


Tidak ada komentar:
Write komentar